Arab Saudi Sudah Memungkinkan Umrah, Ace Hasan: Kita Harus Segera Menindaklanjutinya

Editor Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI, Dr. Tb. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si saat kegiatan Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Tahun 2021 angkatan XVII yang diselenggarakan di Hotel Grand Mercure./visi.news/m purnama alam
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SETIABUDI – Kita sudah mendengar kabar bahwa Arab Saudi sudah memungkinkan untuk kembali umrah. Untuk itu kita harus minta segera menindaklanjutinya dengan pembicaraan mekanisme.

“Kalau sudah kembali memperbolehkan umroh dan ibadah haji, kita harus membicarakan mekanisme seperti protokol kesehatan, jika sesudah pulang umroh dan ibadah haji, harus karantina, berapa hari karantinanya, serta untuk biayanya ditanggung oleh siapa, contohnya mekanisme seperti itu, ” ujar Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Dr. Tb. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si. pada acara Diseminasi Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Tahun 2021 yang diselenggarakan di Hotel Grand Mercure, Setiabudi, Bandung (18/10/2021).

Ia menjelaskan, dalam dua tahun terakhir ini tidak satu pun negara yang memberangkatkan jemaahnya karena kondisi Covid-19. Pandemi ini tidak memungkinkan pemerintah Arab Saudi menerima warga negara asing.

Bukan hanya terjadi di Indonesia dan di Arab Saudi saja tetapi ada di 216 negara, tidak ada satupun negara yang tidak tertular. Bahkan, negara yang memiliki teknologi kesehatan yang paling baik, tetap terpapar pandemi Covid-19 ini.

“Kita patut bersyukur karena apa? Karena Covid-19 di Indonesia sudah mulai menurun pada 0,4 persen. Itu artinya kita dapat menurunkan angka tersebut secara signifikan, beda halnya seperti bulan Juli-Agustus yang lalu. Mungkin kita di grup WhatsApp melihat info meninggal dunia setiap hari, apalagi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat merupakan wilayah aglomerasi hingga tingkat 4,” ungkapnya.

Ace Hasan pun menegaskan, penurunan ini, jangan membuat kita terlena. Para ahli epidemiologi mengingatkan kemungkinan akan terjadi serangan gelombang ketiga. Itu bisa saja terjadi dan itu sudah terjadi di Amerika.

Baca Juga :  Meriahkan HPN, PWI Kab Bandung Bagikan Puluhan Masker

Dalam bagian lain paparannya, Ace Hasan mengingatkan peran DPR RI sebagai lembaga pengawasan penyelenggaraan haji dan umrah dan pengelolaan keuangan haji, penganggaran biaya, penyelenggaraan ibadah haji.

“Pencapaian kinerja Badan Pengelola Keuangan Haji atau BPKH 2021 per 31 Juli 2021 dengan target Rp. 155.92 triliun dan terealisasi Rp. 153.10 triliun, pencapaiannya mencapai 98.19 persen,” ungkapnya.

Ace Hasan juga mengungkapkan jumlah waiting list lansia jamaah haji, 60-70 tahun 832.608 orang, 71-80 tahun 176.516 orang, 81-90 tahun 26.697 orang, 91-100 tahun 2.566 orang serta 100 tahun keatas ada 34 orang.

“Semakin lama antrian jamaah, semakin banyak dana setoran jamaah yang dikelola Badan Pengelolaan Keuangan Haji, ” pungkasnya. @alfa/mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Juventus Hajar Roma, Barcelona Comeback

Sen Okt 18 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | TURIN – Hasil bola tadi malam, Minggu hingga Senin (18/10/2021) dini hari WIB menyajikan berbagai pertandingan dari liga-liga top Eropa seperti Liga Italia, Liga Spanyol hingga Liga Inggris. Dari Liga Italia, Juventus berhasil memenangi laga sengit kontra AS Roma dalam laga pekan kedelapan. Bermain di Stadion Allianz, […]