Bea Cukai Surakarta Gagalkan Penyelundupan Jutaan Batang Rokok Ilegal Tanpa Cukai

Editor Petugas Bea Cukai Surakarta memeriksa rokok ilegal tanpa pita cukai yang tertangkap saat akan diselundupkan dari Jawa Timur/visi.news/istimewa
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Aparat Bea Cukai Surakarta bekerja sama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di awal tahun 2021 ini berhasil menindak rokok ilegal tanpa pita cukai sebanyak 2.160.000 batang yang akan diselundupkan dari Jawa Timur ke Jateng.

Upaya penyelundupan rokok ilegal bernilai miliar rupiah itu, terbongkar pada 4 Februari 2021, menyusul penangkapan truk bermuatan rokok ilegal yang dikemudikan Km dengan kenek Er tersebut melintas di wilayah Surakarta.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan, Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng dan DIY, Moch. Arif Setijo, dalam rilis kepada VISI.NEWS, Jumat (12/2/2021), menjelaskan, penangkapan terhadap truk bermuatan rokok tanpa pita cukai itu merupakan sinergi antara jajaran Kanwil Bea Cukai Jateng-DIY dengan aparat Bea Cukai Surakarta.

“Melalui sinergi dan saling mendukung dan saling bertukar infomasi, jajaran Kanwil DJBC Jateng – DIY memperkuat jaringan dan memberikan dukungan personel ke Kantor Bea Cukai Surakarta untuk membongkar upaya penyelundupan rokok ilegal,” katanya.

Menurut Moch Arif Setijo, objek penindakan pelanggaran yang ditangani Bea Cukai Surakarta adalah hasil tembakau yang bercukai.

“Terhadap hasil tembakau bercukai harus dilakukan penertiban karena jika melanggar perundang-undangan, dampaknya bisa merugikan keuangan negara,” jelasnya.

Lokasi penindakan truk bermuatan rokok ilegal pada awal Februari 2021 lalu, lanjutnya, dilakukan aparat Bea Cukai di gerbang tol Colomadu, Karanganyar, yang berada di wilayah kerja Kantor Bea Cukai Surakarta.

Awalnya, kantor Bea Cukai Surakarta mendapat informasi yang akurat, tentang adanya pengiriman rokok ilegal dari wilayah Jawa Timur. Berdasarkan informasi disebutkan, truk yang dikemudikan Km bersama pembantunya Er, bertolak dari Jawa Timur menuju Jakarta, melewati wilayah Surakarta.

Baca Juga :  MAN 4 Karawang Gelar "Smarttren Ramadhan"

Petugas Bea Cukai Kanwil Jateng-DIY bersama Bea Cukai Surakarta, melakukan pemantauan terhadap armada truk yang disebutkan dalam informasibyang berujung pada penangkapan truk tersebut.

Modus penyelundupan jutaan batang rokok ilegal, tersangka pelaku menggunakan kemasan kardus berisi minuman bermerek sebagai penutup kardus polos di bagian belakang bak truk.

Di dalam bak truk kedapatan rokok ilegal di dalam 270 kardus polos berjenis rokok SKM (Sigaret Kretek Mesin), dengan merek “Pastipas Bold” isi 20 batang yang tidak dilekati pita cukai.

Penindakan atas rokok ilegal kali ini berpotensi merugikan negara sebesar Rp. 1.447.891.200,-. Kedua orang yang terdiri dari pengemudi dan kenek truk, sementara dijadikan tersangka pelaku penyelundupan dan saat ini berada di kantor Bea Cukai Surakarta untuk diperiksa dan dimintai keterangan.

Kepala Kantor Bea Cukai Surakarta, Budi Santoso, menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap asal rokok ilegal beserta tersangka pemiliknya.

“Kita terus melakukan sinergi dalam penindakan dan penanganan upaya penyelundupan. Diharapkan, upaya jajaran Bea Cukai dapat menekan peredaran rokok ilegal, serta memberikan kontribusi dalam meningkatkan penerimaan negara dari sektor cukai,” tandasnya. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Deni Ramdani Sagara, Wakil Bupati Tasikmalaya Antar Waktu

Jum Feb 12 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Setelah menunggu waktu yang cukup lama hingga melewati proses Pilkada Serentak tahun 2020 lalu, pelantikan jabatan Wakil Bupati Tasikmalaya pengganti antar waktu akhirnya digelar pada Rabu (10/2/21). Prosesi pelantikan Deni Ramdani Sagara sebagai Wakil Bupati Tasikmalaya antar waktu, dilakukan di Aula Gedung Sate oleh Gubernur Jabar, Ridwan […]