Fadli Zon: Harus Ada Investigasi Serius Proyek KCJB

Editor Anggota DPR RI Fadli Zon./nusadaily.com/dok/net.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Anggota DPR RI Fadli Zon menegaskan harus ada investigasi serius terkait Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) antara Indonesia dengan Tiongkok. Sebab, menurutnya, proyek tersebut dinilai sudah bermasalah sejak dari awal pembangunan dengan skema business to business (B to B).
 
“Proyek kereta cepat sejak awal sudah bermasalah. Tak ada urgensi tapi dipaksakan. Lalu biaya membengkak seenaknya, mengambil APBN. Ini bisa dibilang sebuah skandal. Harus ada investigasi serius,” ujar Fadli dalam keterangan tertulis pada akun sosial twitter pribadinya yang dikutip VISI.NEWS dari laman Parlementaria, Senin (1/11/2021).
 
Diketahui, Presiden Joko Widodo telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 93 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 107 Tahun 2015 tentang Percepatan Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Kereta Cepat antara Jakarta dan Bandung.
 
Dalam perpres yang ditetapkan presiden per 6 Oktober 2021, pada Pasal 4 ayat 2 menyebutkan bahwa pendanaan lainnya yang dapat digunakan untuk proyek KCJB tersebut dapat berupa pembiayaan dari APBN dalam rangka menjaga keberlanjutan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan memperhatikan kapasitas dan kesinambungan fiskal.
 
Perpres ini sekaligus menggantikan perpres sebelumnya yang diterbitkan pada 2016 silam bahwa pemerintah berkomitmen tidak akan menggunakan APBN untuk proyek tersebut. Adanya perpres tersebut sekaligus untuk mengantisipasi pembiayaan proyek KCJB yang membengkak (cost overrun) sebesar Rp 27,09 triliun (1,9 miliar dolar AS), atau dari Rp 86,5 triliun (6,07 miliar dolar AS) menjadi Rp114,24 triliun (8 miliar dolar AS). @fen

Baca Juga :  Pelaku Suap Liga 3 Didenda Rp100 Juta dan Larangan Aktivitas di Sepak Bola Selama 10 Tahun

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Liga Italia: Milan Tempel Ketat Napoli di Puncak Klasemen

Sen Nov 1 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | ITALIA – Napoli dan AC Milan masih berdempetan dalam dua posisi teratas klasemen Liga Italia setelah sama-sama membukukan kemenangan dalam laga pekan kesebelas. Napoli yang main lebih awal di Stadion Arechi, Salerno, Minggu waktu setempat, mengalahkan tuan rumah Salernitana 1-0 berkat gol semata wayang Piotr Zielinski dalam […]