Gibran : Ingat! Nyatakan Kepedulian dari Peristiwa Kebencanaan

Editor Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengenakan pakaian seragam SAR memimpin apel peringatan "Hari Sukarelawan Internasional" di halaman depan Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS, kampus Kentingan. /visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SOLO – Di tengah berbagai bencana alam, berupa erupsi Gunung Semeru, banjir bandang di NTB dan gempa amplitudo 7,4 pada skala Richter di NTT, di Kota Solo digelar apel siaga bencana dalam peringatan “Hari Sukarelawan Internasional” di halaman depan Gedung Rektorat “dr. Prakosa” UNS, Selasa (14/12/2021).

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memimpin apel yang dihadiri Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, dan Dekan Fakultas Hukum (FH) UNS, Prof. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani dan para pejabat Forkopimda Surakarta.
Di depan peserta apel “Hari Sukarelawan Internasional”, di antaranya gabungan sukarelawan Search and Rescue (SAR) se-Kota Solo serta personel TNI dan Polri, Gibran mengawali sambutannya dengan menyampaikan keprihatinan dan belasungkawa kepada para korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, korban banjir bandang di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan korban gempa NTT.
“Peristiwa kebencanaan adalah hal yang tidak kita inginkan. Tetapi, dari peristiwa kebencanaan kita diingatkan agar menyatakan kepedulian selayaknya manusia sebagai makhluk sosial,” ujar Gibran.
Bertolak dari berbagai bencana di Tanah Air, Wali Kota Solo mengajak, pada peringatan “Hari Sukarelawan Internasional” ini untuk memanfaatkan sebagai momentum mempererat sinergi antar-relawan SAR, segenap stake holder, serta personil TNI dan Polri di Kota Solo.
“Hari ini saya ingin mengajak Bapak dan Ibu menjalin kepedulian. Semoga bisa meningkatkan sifat kesukarelawanan serta membangkitkan kesadaran masyarakat,” ajaknya.
Menanggapi bencana yang terjadi di Kota Solo, Gibran mengapresiasi langkah mitigasi dan penanganan bencana yang dilakukan para sukarelawan SAR bersama stake holder, maupun personil TNI dan Polri.
Selain itu, Gibran secara khusus juga menyampaikan terima kasih kepada para sukarelawan SAR di Kota Solo, yang ikut mempercepat penanganan pandemi Covid-19, termasuk proses penanganan, pemulasaran, hingga pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang dapat berjalan baik
“Saya harapkan sukarelawan di Kota Solo selalu siap membantu dan bekerja bersama dengan pemerintah dan stake holder dalam penanggulangan bencana,” tandasnya. @tok

Baca Juga :  Hutan Itu Indonesia Ajak Anak Muda #JagaHutan Lewat Konser Segala Dalam Nada

.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Membahayakan dan Merugikan Negara, Sudah Saat Truk AMDK Ditertibkan

Rab Des 15 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA — Truk over dimension overload (ODOL) menjadi salah satu biang kerusakan jalan raya di Indonesia. Berdasarkan data yang diterima dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), akibat beroperasinya truk ODOL menyebabkan kerugian negara hinga triliunan rupiah. Direktur Eksekutif Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) Ahmad Safrudin mengatakan, berdasarkan […]