KHUTBAH JUMAT: Hikmah Sabar bagi Muslim

Editor Ilustrasi/net.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Allah memerintahkan hambaNya yang beriman untuk menjadikan sabar sebagai penopang hidupnya demikian pula salat.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ.

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan saalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah: 153)

Berkata Imam Ibnu Katsir رحمه الله, setelah menyampaikan penjelasan mengenai perintah bersyukur, Allah pun menjelaskan makna sabar dan bimbingan untuk memohon pertolongan melalui kesabaran dan salat. Karena sesungguhnya seorang hamba itu adakalanya ia mendapatkan nikmat kemudian mensyukurinya atau ditimpa bencana kemudian bersabar atasnya.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadis dalam kitab Musnad Ahmad, Rasulullah bersabda:

“Sungguh menakjubkan perihal orang mukmin itu, Allah tidak menentukan suatu hal melainkan kebaikan baginya. Jika mendapatkan kebahagiaan, ia lalu bersyukur, maka yang demikian itu adalah baik baginya. Dan Jika mendapatkan kesusahan, lalu ia bersabar, maka yang demikian itu adalah baik baginya.” (HR Ahmad)

Allah Taala juga menerangkan bahwa sebaik-baik sarana yang dapat membantu dalam menjalani berbagai musibah adalah kesabaran dan salat. Sebagaimana telah diuraikan dalam firman Allah Taala sebelumnya yang artinya:

“Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS Al-Baqarah: 45)

Dalam hadis disebutkan: “Bahwa Rasulullah jika menghadapi suatu masalah, maka beliau mengerjakan salat.” (HR Ahmad dan an-Nasai).

Kesabaran itu ada dua macam. Pertama, sabar dalam meninggalkan berbagai hal yang diharamkan dan perbuatan dosa. Dan kedua, sabar dalam berbuat ketaatan dan mendekatkan diri kepada Allah Taala.

Jenis yang kedua ini lebih besar pahalanya karena inilah yang dimaksudkan.
Ada juga kesabaran jenis ketiga, yaitu kesabaran dalam menerima dan menghadapi berbagai macam musibah dan cobaan. Yang demikian itu pun wajib, seperti istigfar dari berbagai aib.

Baca Juga :  Atlet PON dan Peparnas Berprestasi Dipastikan Dapat Uang 'Kadeudeu' dari Pemkot Bandung

Sebagaimana dikemukakan oleh Abdur Rahman bin Zaid bin Aslam mengenai dua pintu kesabaran, yaitu sabar menjalankan hal-hal yang disukai Allah Taala meskipun terasa berat bagi jiwa dan raga. Dan kedua sabar dalam menghindari hal-hal yang dibenci Allah Taala meskipun sangat diinginkan oleh hawa nafsu.

Jika seseorang telah melakukan hal itu, maka ia benar-benar termasuk orang-orang sabar yang insyaallah akan memperoleh keselamatan.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, hal ini diperkuat oleh firman Allah Taala yang artinya:

“Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS Az-Zumar: 10)

Said bin Jubair mengatakan: “Sabar berarti pengaduan seorang hamba kepada Allah atas musibah yang menimpanya dan ketabahannya di sisi Allah dengan mengharapkan pahala dari-Nya. Terkadang, seseorang diguncangkan (dengan berbagai masalah), namun ia tetap tegar, dan tidak melihat pilihan yang lain kecuali bersabar.”
(Tafsir Alquran Al-Adhim, Imam Ibnu Katsir)

Ada nasihat yang indah yang disampaikan oleh Amirul Mukminin Umar bin Khattab رضي الله عنه tentang sabar.

قال عمر بن الخطاب رضى الله عنه:
وجدنا خير عيشنا بالصبر.

Berkata Amirul Mukminin Umar bin Khattab رضي الله عنه,
“Kami mendapati bahwa sebaik-baik kehidupan kami adalah dengan kesabaran.”
@fen/sumber: parapecintasunnah.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tidak Ada Covid-19, Presidensi Masjid Suci Puji Jemaah Umrah

Kam Okt 8 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sejak dibuka 4 Oktober 2020, fase pertama umrah, Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci dalam sebuah pernyataan mengkonfirmasi bahwa tidak ada laporan jemaah yang terinfeksi virus corona. “Pada hari keempat ziarah, kami menerima sekitar 24 ribu jemaah, tidak ada yang menunjukkan gejala virus,” kata juru bicara kepresidenan, […]