Komisi Kumham MUI Dorong Pembahasan RKUHP

Editor Komisi Kumham MUI dorong pembahasan RKUHP./mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Komisi Hukum dan HAM Majelis Ulama Indonesia (MUI) bersilaturahim dengan Sekretaris Jenderal MPR RI, Dr Ma’ruf Cahyono. Kunjungan ini tak selang berapa lama setelah sebelumnya bertemu dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Ketua Komisi Kumham MUI, Prof Deding Ishak, menyebutkan bahwa MUI memiliki kepentingan dengan lahirnya pembaruan hukum pidana dari Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang sudah 50 tahun lebih belum disahkan.

“Delik yang berkaitan dengan kesusilaan seperti perzinaan, kumpul kebo dan lesbian perlu diatur karena memang deretan penyimpangan tersebut tidak sesuai dengan nilai agama dan moral bangsa,” kata dia, Kamis (4/11/2021), dilansir VISI.NEWS dari laman MUIdigital.

Dia menyebutkan selain RKUHP, haluan negara saat ini penting dibahas mengingat keberadaan daerah otonom yang sering memiliki kebijakan berbeda dengan pemerintah pusat.

“Dengan demikian, penting adanya rule yang mengatur arah dan tujuan bernegara,” kata Deding.

Sementara itu, terkait kunjungan ke Sekjen Sekjend MPR RI, dalam rangka membangun kerja sama penyelenggaraan sekolah HAM dalam perspektif Islam.

Hal ini karena selama ini HAM selalu diidentikkan dengan negara sekuler, padahal dalam Islam sendiri juga memiliki karakteristik HAM yang jauh lebih humanistik.
“Saya kira dunia luar perlu mengetahui HAM dalam perspektif Islam,” tutur dia.

Sekjen MPR RI, Ma’ruf Cahyono, menyambut baik rencana yang akan dilakukan MUI. Pihaknya secara prinsip mengapresiasi rencana program itu.

Hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Wakil Ketua Komisi Kumham MUI Widodo, Wakil Sekretaris Komisi Kumham MUI Erfandi, dan anggota Komisi Kumham MUI Afdhal Mahatta. @fen

Baca Juga :  Di Liga Champions Dini Hari Nanti, Hadapi PSG, RB Leipzig Takkan Jatuh ke Lubang yang Sama

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pembukaan Pendidikan Politik DPD Golkar Jabar, Ace Hasan: Pendidikan Politik di Golkar Bukan Kaleng-Kaleng

Sab Nov 6 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BOGOR – Plt Ketua DPD Golkar Provinsi Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily menegaskan bahwa pendidikan politik yang dilakukan Partai Golkar bukan pendidikan politik “kaleng-kaleng” alias asal-asalan. Hal itu disampaikan Ace pada pembukaan pendidikan politik yang diselenggarakan Golkar Institute bekerjasama dengan DPD Partai Golkar Jabar, Kamis (4/11/2021) di […]