KT HAM PBB: Pasukan Myanmar Harus Hentikan “Tindakan Keras yang Kejam”

Editor KT HAM PBB Michelle Bachelet meminta pasukan keamanan Myanmar untuk menghentikan "tindakan keras mereka terhadap para pengunjuk rasa damai"./reuters/via antara/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (KT HAM PBB) Michelle Bachelet meminta pasukan keamanan Myanmar untuk menghentikan “tindakan keras mereka terhadap para pengunjuk rasa damai”.

“Militer Myanmar harus berhenti membunuh dan memenjarakan para pengunjuk rasa,” kata Bachelet, Kamis (4/3/2021).

Ia mengutuk penggunaan peluru tajam terhadap pengunjuk rasa damai di seluruh negeri, tempat ratusan orang terluka.

Ia juga mendesak militer Myanmar untuk membebaskan orang-orang yang ditahan secara tidak sah sejak kudeta 1 Februari 2021.

Bachelet mengatakan bahwa lebih dari 1.700 orang telah ditahan secara sewenang-wenang dan penangkapan terus meningkat. Mereka termasuk 29 jurnalis yang ditangkap dalam beberapa hari terakhir, beberapa dituduh menghasut untuk menentang atau menghadiri pertemuan yang melanggar hukum.

Sedikitnya 54 orang tewas oleh polisi dan tentara Myanmar sejak kudeta, tetapi jumlah kematian sebenarnya bisa jauh lebih tinggi, kata Bachelet dalam pernyataannya. Ia menyebut angka tersebut, yang telah diverifikasi oleh kantornya.

Tentara dan polisi dilaporkan melakukan penggeledahan dari pintu ke pintu dan menangkapi orang-orang, beberapa di antaranya menghilang ke dalam tahanan tanpa keluarga mereka diberi tahu tentang keberadaan mereka, kata Bachelet. Praktik seperti itu dikenal sebagai penghilangan paksa.

Bachelet mendesak para pejabat Myanmar yang telah bergabung dengan gerakan pembangkangan sipil untuk mendukung upaya meminta pertanggungjawaban para pemimpin militer atas pelanggaran hak asasi manusia yang serius, melalui penyelidikan dan proses PBB di Mahkamah Pidana Internasional (ICC).
@fen/antara/reuters

Baca Juga :  Ditemukan Pingsan di Mobil, Pasangan Bukan Suami Istri ASN Disdik Dicopot Dari Jabatannya

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ular Piton Sepanjang 2 Meter Mati Terpanggang

Sab Mar 6 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Tim pemadam gabungan menemukan bangkai ular phyton sepanjang sekitar dua meter dalam keadaan mati terpanggang di sekitar lokasi kebakaran hutan dan lahan di Kampung Telukmasjid, Kecamatan Sungaiapit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Kamis (4/3/2021). “Tim pemadam menemukannya di batas antara hutan terbakar dengan hutan yang masih hijau,” kata […]