Lebih dari 147.000 Jemaah Haji Tiba di Madinah dan Hampir 50.000 Bertolak ke Mekah

Editor Jemaah asal Indonesia telah tiba di Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji tahun ini./via arabnews.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | RIYADH: Sebanyak 147.094 jemaah haji dari berbagai negara telah tiba di Madinah hingga Sabtu waktu setempat. Para calon jemaah haji itu tiba melalui pelabuhan udara dan darat untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

Melansir Arab News, Kementerian Haji dan Umrah melaporkan bahwa 136.007 jemaah telah tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz di Madinah sejak menerima penerbangan haji pertama sementara 11.087 jemaah tiba melalui darat.

Laporan statistik yang diterbitkan oleh Kementerian menunjukkan bahwa 26.304 jemaah berasal dari Indonesia, 21.790 jemaah dari India, 9.383 dari Pakistan, 8.680 dari Bangladesh, dan 6.326 dari Iran.

Sebanyak 49.388 jemaah haji telah meninggalkan Madinah dalam perjalanan mereka ke tempat-tempat suci di Mekah, sementara jumlah peziarah yang tersisa di Madinah adalah 97.690.

Kementerian mengatakan bahwa pihak berwenang di Madinah bekerja sepanjang waktu untuk mengimbangi peziarah yang tiba melalui pelabuhan udara dan darat untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pengunjung yang melakukan ritual haji tahun ini.

Peziarah yang berangkat dari Malaysia memuji Inisiatif Rute Mekah, sebuah program yang ditawarkan di beberapa negara Muslim yang memungkinkan jemaah untuk menyelesaikan seluruh proses imigrasi sebelum tiba di Kerajaan.

Para peziarah yang mendapat manfaat dari inisiatif di Kualalampur menyampaikan penghargaan mereka kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas layanan yang memfasilitasi mereka masuk ke Dua Masjid Suci.

Peziarah Malaysia mengatakan bahwa penerapan inisiatif membantu mempercepat prosedur imigrasi yang menggunakan teknologi untuk memfasilitasi perjalanan mereka ke Kerajaan.

Kementerian Dalam Negeri Saudi meluncurkan versi keempat dari inisiatif di Malaysia, selain meluncurkannya di Pakistan, Indonesia, Maroko, dan Bangladesh. Inisiatif ini merupakan bagian dari Pilgrim Experience Program, salah satu program Saudi Vision 2030.

Baca Juga :  4 Perbuatan yang Bisa Mendatangkan Rida Allah Ta'ala

Sekitar 1.800 peziarah yang datang dari Irak juga memuji layanan terintegrasi tinggi yang diberikan kepada mereka pada saat kedatangan mereka pada hari Sabtu di pelabuhan darat Jadidat Arar di wilayah utara Kerajaan.

Mereka mengutip sambutan hangat dan keramahan, persiapan cepat untuk penyelesaian prosedur kedatangan, dan layanan kesehatan dan medis yang diberikan saat kedatangan mereka.

Mereka mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Saudi atas perawatan dan layanan terkait haji yang dinikmati oleh para jemaah di pelabuhan darat Jadidat Arar.

Fasilitas pelayanan di pelabuhan darat Jadidat Arar juga beroperasi dengan kapasitas penuh selama periode masuknya jemaah haji ke tempat-tempat suci.

Arab Saudi telah mengizinkan hingga 1 juta orang untuk bergabung dengan haji tahun ini, mengundang peziarah dari luar negeri untuk pertama kalinya dalam dua tahun, setelah pembatasan karena Covid-19. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemerintah Siapkan Pembimbing Ibadah Jemaah Sakit

Sen Jun 20 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Juru Bicara (Jubir) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Akhmad Fauzin mengatakan sampai dengan Sabtu (18/6/2022), jemaah haji Indonesia yang sakit sebanyak 90 orang. Sebanyak 65 orang menjalani rawat jalan, 24 orang dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan 1 orang dirawat di Rumah Sakit […]