Masjid Ikomah UIN Bandung Raih Harapan II Lomba Website Pusdai Jabar

Editor Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi salah satu pemenang dalam perlombaan website masjid yang diselenggarakan oleh Pusdai Jawa Barat./visi.news/istimewa.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjadi salah satu pemenang dalam perlombaan website masjid yang diselenggarakan oleh Pusat Dakwah Islamiyah (Pusdai) Jawa Barat yang diumumkan pada Jumat (12/2/2021).

Lomba Website Masjid ini merupakan kegiatan penutupan dari rangkaian peringatan Milad ke-23 Pusdai.

Pengumuman lomba website masjid disampaikan oleh H. Ijang Faisal, M.Si, Ketua panitia lomba website masjid, di ruang utama Masjid Pusdai setelah pelaksanaan salat jumat.

Kegiatan penutupan peringatan Milad Pusdai Jabar ini dihadiri oleh Ketua Pusdai Jawa Barat, KH. M. Choirul Anam, MZD beserta seluruh pengurus serta perwakilan dari Gubernur Jawa Barat dan para ketua DKM pemenang lomba website masjid.

Penetapan pemenang lomba website masjid tingkat Jawa Barat ini didasarkan surat keputusan Ketua Pusdai Jawa Barat Nomor 01.15/6-23/pusdai/s.keputusan/II/2021 dengan Juara Masjid Al-Ukhuwah Kota Bandung, peringkat 2 Masjid Agung Cipaganti Kota Bandung, dan peringkat 3 Masjid Agung Ciamis.

Sementara Harapan 1 Masjid Baiturrahman PT DI Kota Bandung, Harapan 2 Masjid Ikomah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, dan Harapan 3 Masjid Baitul Mu’min Jatiendah Cilengkrang Kabupaten Bandung.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Lomba menyampaikan bahwa lomba website masjid ini diikuti oleh 27 masjid di tingkat pemerintah Provinsi di bawah BPIC (Badan Pengelola Islamic Center), masjid tingkat lingkungan, masjid wisata, dan masjid kampus.

Menurutnya lomba masjid ini bukan untuk mencari juara, tetapi untuk membangun kesadaran umat Islam terutama pengurus DKM agar bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman terutama di masa wabah Covid-19 saat ini.

“Pandemi ini mengubah kebiasaan orang, yang tadinya tidak melek IT jadi melek IT. DKM sebagai Khadimul masjid, pelayan masjid, bisa melakukan inovasi dan improvisasi dalam berdakwah sesuai dengan perkembangan zaman saat ini termasuk melalui penyiapan website masjid bagi jemaahnya,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima VISI.NEWS, Sabtu (13/2/2021).

Baca Juga :  KLB Keracunan Nasi Kuning di Kota Tasikmalaya Dicabut

Lomba webiste masjid ini menurut Ketua Pusdai Jawa Barat, KH. M. Choirul Anam, MZD menjadi rangkaian peringatan milad Pusdai Jawa Barat ke-23 yang jatuh pada tanggal 2 Desember 2020.

Namun, karena kondisi pandemi Covid-19, milad tahun ini dilaksanakan secara sederhana salah satunya dengan lomba website masjid ini.

Rencananya untuk mendukung agar pengurus DKM seluruh Jawa Barat melek IT, Pusdai Jawa Barat berencana akan melaksanakan pelatihan pembuatan website masjid bekerja sama dengan Kemenag, MUI, dan Dewan Masjid Indonesia tahun 2021.

Sementara itu, Ketua DKM Ikomah, Drs. H. A. Bahrun Rifa’i, M.Ag menyambut gembira raihan prestasi masjid Ikomah ini. Sebelumnya DKM Ikomah menerima visitasi panitia lomba website masjid Pusdai ini pada tanggal 19 Januari 2021.

Menurutnya meski website masjid Ikomah dengan gerakan dakwah digitalnya baru berjalan sejak Oktober 2020 ternyata sudah berhasil meraih prestasi.

Kesuksesan gerakan dakwah digital melalui website masjid Ikomah ini tidak lepas dari dukungan pimpinan kampus, jemaah masjid serta kerja sama dengan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang membantu memproduksi beragam karya dakwah digital.

“Alhamdulillah Masjid Ikomah UIN SGD Bandung pada Milad ke-23 Pusdai meraih harapan II lomba Website Masjid Juara Pusdai Jabar, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor UIN SGD Bandung, para Wakil Rektor, para Dekan, dan tim media sosial dari mahasiswa KPI di bawah koordinasi Pak Dr.Uwes Fatoni, M.Ag. Kami merasa bangga telah masuk nominasi juara. Walaupun hanya harapan II dari 27 peserta. Mudah-mudahan ke depannya bisa meningkat menjadi juara, tapi dengan syarat peralatannya dipenuhi mulai perangkat lunak sampai perangkat keras. Walaupun begitu juga kami bersyukur bisa membawa harum nama UIN SGD Bandung di tingkat Jawa Barat. Terima kasih kepada semua sivitas akademika yang telah membantu dan mendorong Masjid Ikomah, utamanya dalam memakmurkan masjid. Jazakumullohu khoiron katsiro,” tegasnya.

Baca Juga :  PT KAI akan Layani Penumpang KA Jarak Jauh dengan GeNose C19 Test

Diakuinya, “Di tengah keterbatasan sarana dakwah digital, Masjid Ikomah telah rutin memproduksi tayangan podcast hasil ceramah kultum rutin bada zuhur, berita kegiatan Peringatan Hari Besar Islam serta video reportase pengajian majelis taklim. Sejak awal Februari 2021, DKM Ikomah juga menginisasi program KAKIKU (Kajian Kitab Kuning) yang dilaksanakan setiap malam Rabu untuk kajian Kitab Hadis Riyadhus Sholihin dengan narasumber Dr. H. Mujiyo Nurkholis M.Ag dan setiap malam Ju’at untuk kajian kitab Tafsir Al-Muyassar dengan Narasumber Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag. Semua kegiatan tersebut bisa diakses melalui channel youtube Masjid Ikomah”, ungkap Ustad Bahrun.

Dr. Uwes Fatoni, M.Ag, Ketua Tim Media Masjid Ikomah yang juga sekretaris jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung turut bergembira atas raihan prestasi lomba website masjid ini. Prestasi ini perlu terus didukung oleh seluruh jemaah.

“Semoga raihan ini mendorong DKM Ikomah dan tim media masjid yang berasal dari mahasiswa KPI untuk semakin bersemangat dan terus mengembangkan konten dakwah digital. Diharapkan juga partisipasi dan kontribusi dari seluruh civitas akademik UIN Sunan Gunung Djati serta masyarakat di lingkungan sekitar kampus UIN Bandung sebagai jemaah masjid Ikomah. Diharapkan para jemaah rutin mengakses, memanfaatkan, dan mengapresiasi karya dakwah digital DKM Ikomah melalui website masjid ini sehingga beragam karyanya terus berkembang dan menjadi lebih baik,” pungkasnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bos Olimpiade Tokyo 2020 Akhirnya Mengundurkan Diri

Sab Feb 13 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ketua Olimpiade Tokyo 2020 Yoshiro Mori resmi mengundurkan diri Jumat (12/2/2021) dan kembali meminta maaf atas pernyataan seksis yang memicu protes global. Ini membuat Olimpiade yang terancam tak terselenggara itu harus mencari pemimpinnya lima bulan sebelum mulai digelar. Pengunduran diri Mori (83) yang mantan perdana menteri itu […]