Menag Tegaskan Lagi Dukungan terhadap Permendikbud PPKS

Editor Menag Yaqut Cholil Qoumas./kemenag.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan kembali dukungannya terhadap kebijakan Kemendikbud Ristek terkait Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di lingkungan perguruan tinggi.

Hal ini disampaikan Menag Yaqut dalam konferensi pers virtual tentang Merdeka Belajar Episode ke-14 bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim dan Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Puspayoga, di Jakarta.

“Ini momentum kita berbuat baik kepada bangsa dan negara terutama di dunia pendidikan,” tutur Menag Yaqut, Jumat (12/11/2021), dilansir kemenag-go.id.

“Saya selaku Menteri Agama Republik Indonesia, saya menyambut baik dan mendukung atas terbitnya Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021, tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi, sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Episode ke-14,” imbuhnya.

Menag menuturkan, pencegahan kekerasan seksual sejalan dengan konsep Moderasi Beragama yang terus digelorakan Kemenag.

“Moderasi Beragama singkatnya adalah cara pandang, sikap, dan praktik beragama dalam kehidupan bersama dengan cara mengejawantahkan esensi ajaran agama yang melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan berlandaskan prinsip adil, berimbang, dan menaati konstitusi sebagai kesepakatan berbangsa,” ujar Menag.

Permendikbud PPKS, lanjut Menag, merupakan upaya untuk menjaga martabat kemanusiaan, dan ini merupakan esensi ajaran agama.

“Tidak ada alasan untuk tidak memberikan dukungan terhadap permen yang revolutif. Membongkar semua yang buntu-buntu kebuntuan dan kejumudan, stagnasi, yang dialami selama ini,” ujar Menag.

“Dengan regfulasi ini, dunia perguruan tinggi bisa menjadi panutan dan menjadi duta anti-kekerasan. Bukan hanya kekerasan seksual, tapi juga segala bentuk kekerasan,” sambungnya. @fen

Baca Juga :  Bupati Bandung Pastikan Prokes Ketat Saat Pembelajaran Tatap Muka

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Uruguay vs Argentina: Gol Di Maria Menangkan La Albiceleste

Sab Nov 13 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MONTEVIDEO – Timnas Argentina berhasil meraup poin penuh saat bertandang ke markas Uruguay dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan (Conmebol), Sabtu (13/11/2021) pagi WIB. La Albiceleste –julukan timnas Argentina– mengalahkan Uruguay dengan skor tipis 1-0 lewat gol semata wayang yang dicetak Angel Di […]