Moderasi Beragama Tercipta, PTKIN Jadi Destinasi Pendidikan Islam Dunia

Editor UIN Bandung gelar Rapat Koordinasi Forum Wakil Rektor Bidang Kerja Sama PTKIN 2021./visi.news/istimewa.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Menjadikan PTKIN sebagai destinasi pendidikan Islam dunia, harus dimulai dari peningkatan dan penguatan bidang kerja sama serta kelembagaan di dalam dan luar negeri. Selain itu, ikut terlibat aktif untuk menciptakan perdamaian dunia melalui agen moderasi beragama yang ada di kampus Islam.

Demikian dikemukakan Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si ketika membuka acara Rapat Koordinasi Forum Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berlangsung di Novotel Hotel dan Resort Bandung dari tanggal 29-31 Maret 2021.

“Jadilah agen untuk menyebarkan moderasi beragama perspektif PTKIN. Caranya dengan menyebarluaskan sikap moderasi beragama sehingga kedamaian dunia akan tercipta. Hal ini harus menjadi misi membangun program kerja sama dan penguatan lembaga di dalam dan luar negeri,” tegas Mahmud dalam keterangan tertulis yang diterima VISI.NEWS, Selasa (30/3/2021).

Dengan memiliki komitmen bersama untuk sama-sama bekerja dan melakukan kerja sama kehadiran PTKIN harus menjadi solusi atas ketertinggalan pendidikan di dunia Islam.

“Untuk lingkungan PTKIN tidak ada perbedaan, persaingan antara STAIN, IAIN, UIN karena persaingan kita dari luar dan semuanya saudara dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Oleh karenanya, jadikan PTKIN untuk solusi kebangsaan melalui moderasi beragama, mudah-mudahan ikhtiar bersama ini memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia,” paparnya.

Dalam konteks implementasi Mereka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), keberadaan kerja sama dan pengembangan lembaga ini “diharapkan dapat membuka peluang untuk meningkatkan kuantitas lulusan sehingga mampu melahirkan sarjana berkualitas,” tandasnya.

Prof. Dr. H. M. Ali Ramdhani, S.TP., MT (Dirjen Pendidikan Islam Kemenag), Prof. Dr. Suyitno, M.Ag (Direktur PTKI), Drs. M. Mudhofir, M.Si (Kepala Biro Hukum dan Kerja Sama Luar Negeri Sekretariat Jenderal Kemenag), Prof. Dr. Ardi Marwan (Atikbud Berlin Jerman), Prof. Achmad Ubaidillah, MA., Ph.D (Atikbud Riyadh), Prof. Dr. Bambang Suryadi (Atikbud KBRI Cairo Mesir), Ahmad Fachmi Sulthon (Counsellor KBRI Alger), Muhammad Adib Abdushomad, M.Ag., Ph.D (Kepala Subdirektorat Kelembagaan dan Kerja Sama Direktorat PTKI Dirjen Pendis) tampil menjadi narasumber acara Rapat Koordinasi Forum Wakil Rektor Bidang Kerjasama PTKIN ini.

Baca Juga :  Humas UNS Raih 2 Penghargaan "Anugerah Humas" 2020 dari Ditjen Dikti

Ketua Forum Wakil Rektor Bidang Kerja Sama PTKIN, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si menyampaikan kegiatan ini diikuti 70 peserta yang terdiri dari wakil rektor bidang kerja sama, internasional office, Dekan, Kepala Biro, Koordinator di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Menuju 2024, Satu per Satu Elite Politik Temui Gibran, Benarkah?

Sel Mar 30 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Belum lama ini, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Wakil Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Fahri Hamzah menemui Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka di Solo, Jawa Tengah. Cak Imin menemui Gibran di rumah dinas […]