Pengenalan Lingkungan Kampus, 3.200 Mahasiswa Baru ITB Ikuti Pelaksanaan Campus Tour 2021

Editor Pengenalan lingkungan kampus, 3.200 mahasiswa baru ITB ikuti pelaksanaan "Campus Tour 2021"./via itb.ac.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Setelah kurang lebih 18 bulan belajar di rumah disebabkan pandemi Covid-19, Institut Teknologi Bandung (ITB) kini telah membuka kegiatan pembelajaran di kampus secara hybrid. Tujuan dibuka kembali kampus adalah untuk meningkatkan atmosfer akademik.

Mengawali pembukaan kembali kampus, ITB menyelenggarakan Campus Tour 2021 sebagai pengenalan lingkungan kampus kepada para mahasiswa TPB (Tahap Persiapan Bersama) Angkatan 2021. Kegiatan ini melibatkan 3.200 mahasiswa yang diselenggarakan mulai tanggal 8-26 November 2021. Adapun pada pelaksanaannya, Campur Tour dibagi per fakultas baik itu ke ITB Kampus Ganesha maupun ke ITB Kampus Jatinangor.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D mengatakan, tujuan diselenggarakannya acara Campus Tour adalah untuk menyambut kedatangan para mahasiswa/i di Kampus ITB Ganesha dan Jatinangor.

“Kita sangat menginginkan semua mahasiswa merasakan atmosfer akademik di ITB karena atmosfer akademik ITB adalah hal yang sangat penting dalam mendukung kesuksesan belajar para mahasiswa,” ujarnya, dilansir VISI.NEWS dari laman itb.ac.id.

Rektor juga mengungkapkan bahwa semester II Tahun Akademik 2021/2022 ITB akan memulai pembelajaran secara bauran. Ia mengingatkan di kondisi saat ini, perlu adaptasi kebiasaan baru cara berkuliah/sekolah di dalam kampus. Salah satu harapannya adalah seluruh civitas akademika ITB dapat menjadi duta prokes.

“Demi kepentingan bersama, kita harus peduli kepada warga ITB dan juga sekitar kita, dan kita lindungi ITB agar kita bisa berkuliah dan menjalankan proses belajar-mengajar secara efektif di masa pandemi ini,” ujarnya.

Pengenalan Praktikum

Dari serangkaian kegiatan Campus Tour, salah satu contohnya ialah kegiatan pengenalan Praktikum Fisika Dasar. Ketua Koordinator Asisten Laboratorium Fisika Dasar, Moch. Fakhrul Fauzi mengatakan bahwa tujuan diadakannya pengenalan praktikum Fisika Dasar ini adalah untuk mempersiapkan para mahasiswa baru angkatan 2021 untuk pelaksanaan praktikum luring di semester genap.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Pastikan Penyekatan Pemudik Dimulai 6 Mei

“Selain karena memang arahan dari pimpinan ITB, kami sebenarnya mengharapkan bahwa para mahasiswa baru yang mengikuti simulasi praktikum ini dapat lebih mengetahui bagaimana situasi praktikum luring di Laboratorium Fisika Dasar ITB. Semoga dengan adanya pengetahuan tersebut, mereka bisa lebih mempersiapkan diri untuk kegiatan praktikum pada semester depan karena kemungkinan akan dilaksanakan secara luring,” ucap Fakhrul kepada Reporter Humas ITB, Rabu (24/11/2021).

Acara yang dirancang di bawah arahan Laboratorium Fisika Dasar ini merupakan kegiatan simulasi praktikum beberapa modul fisika yang telah dipersiapkan sebelumnya. Adapun modul fisika dasar yang digunakan adalah dasar pengukuran dan ketidakpastian, osilasi harmonik sederhana, bandul matematis, momen inersia, modulus young, modulus puntir, dinamika usaha dan energi, momentum dan tumbukan, serta gelombang berdiri pada tali. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Innalillahi, Ameer Azzikra Meninggal Dunia Hebohkan Netizen

Sen Nov 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Ameer Azzikra anak kedua dari Alm. Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia pada Senin (29/11/21) pukul 01.05 di RS EMC, Sentul, Jawa Barat. Dari kepergiannya jelas menyimpan duka lagi bagi keluarga besar almarhum setelah tahun kemarin sang Ayah yaitu Ustadz Arifin Ilham meninggal dunia. Alvin, anak pertama dari […]