Presiden Jokowi Tetapkan Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional

Editor Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo (kanan) ditemani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim (Kiri) saat tiba di gelaran Festival Film Indonesia di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (10/11/2021). /suara.com/alfian winanto/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Presiden Jokowi menghadiri gelaran Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Di momen itu Sang Presiden juga mengumumkan Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional.

Pengumuman ini juga bertepatan dengan momen Hari Pahlawan yang tepat jatuh di hari ini, Rabu, 10 November 2021.

“66 tahun yang lalu Usmar Ismail dan Jamaludin Malik memprakarsai penyelenggaraan Festival Film Indonesia, sebagai perayaan dan apresiasi tertinggi bagi industri perfilman Indonesia,” kata Presiden Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Untuk itu sebagai bentuk penghargaan tertinggi, maka Presiden Jokowi memberikan gelar sebagai Pahlawan Nasional.

“Atas nama bangsa dan negara, saya menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Bapak Haji Usmar Ismail, Bapak Perfilman Indonesia,” imbuh Presiden Jokowi.

Mewakili FFI, Reza Rahadian selaku Ketua Komite ikut merasa bangga dan mengapresiasi langkah pemerintah menjadikan Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional.

Sebab usahanya bersama Garin Nugroho, Riri Riza hingga rekan sineas Tanah Air mengajukan Bapak Perfilman Indonesia menjadi Pahlawan itu tidak sia-sia.

“Alhamdulillah karena upaya kami disetujui dan hari ini kita bisa menyaksikan sendiri Presiden Joko Widodo menyematkan gelar tersebut,” kata Reza Rahadian.

Sebagai informasi, Usmar Ismail merupakan salah satu pelopor perfilman Indonesia. Sejumlah film telah dibuat Usmar Ismail sejak 1949 bertajuk Harta Karun.

Namanya juga diabadikan sebagai pusat perfilman Jakarta, yakni Pusat Perfilman H. Usmar Ismail. @fen

Baca Juga :  KPI ke Pemerintah: Warga Miskin Harus Punya TV Digital 2022

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ibu Pembuang Bayi di Sidoarjo Alami Gangguan Jiwa

Kam Nov 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SIDOARJO – Kasus pembuangan bayi, yang ditemukan di depan pintu rumah Sumiati, warga Desa Jabaran RT 06 / RW 02, Balongbendo, Sidoarjo, Selasa (9/11/2021) pagi, akhirnya terungkap. Pembuang bayi cantik berusia dua minggu tersebut adalah ibu kandung sendiri. Saat itu, Sumiati Ningsih terkejut ada tangisan bayi di […]