RUMAH ALLAH: Vandalisme di Masjid Siprus Terjadi Tiap Hari Jadi Nasional

Editor Masjid Siprus Yunani./Ilustrasi/via thram.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Aksi vandalisme yang seringkali menargetkan masjid-masjid di Republik Siprus membuat geram salah satu tokoh muslim di negara itu.

Terlebih fakta mengejutkan bahwa vandalisme terhadap masjid berlangsung setiap tahun pada tanggal yang sama bertepatan dengan hari raya nasional.

Melansir Ihram.co.id dari in Cyprus pada Ahad (28/3/2021) ketua komunitas Muslim Episkopi, Lefkios Prodromou mengecam tindakan beberapa orang yang mencorat-coret salah satu Masjid di Episkopi dengan gambar dan kata hinaan pada 25 Maret lalu. Ia menyebut hal itu sebagai perbuatan yang tak bisa ditolerir.

“Hal yang sama terjadi setiap tahun pada hari jadi nasional 25 Maret dan 28 Oktober,” katanya.

Sebab itu, Prodromou meminta Kepolisian Episkopi untuk berpatroli sehingga hal yang sama tidak terjadi lagi. Ia pun mengatakan bahwa para pelaku vandalisme beberapa hari lalu telah diketahui.

Sementara itu ia dan anggota Departemen Arkeologi telah membersihkan coretan-coretan yang mengotori tiap masjid dengan obat khusus.

Sebelumnya Pemerintah Turki juga mengecam tindakan vandalisme baru-baru ini yang terjadi di masjid Siprus Selatan, Turki. Dalam tulisannya terdapat slogan anti-Turki pada peringatan 200 tahun kemerdekaan Yunani dari Kekaisaran Ottoman.

Dilansir dari Sputniknews.com, orang-orang tidak dikenal merusak masjid di desa Episkopi dengan menulis slogan nasionalis Yunani bersama dengan bendera Yunani dan salib Kristen yang digambar di dinding dan pintunya.

Pemerintah Siprus mengecam tindakan vandalisme tersebut, sementara Ersin Tatar, presiden Republik Turki Siprus Utara yang memproklamirkan diri, menyerukan teguran kepada mereka yang bertanggung jawab atas insiden tersebut secepat mungkin.

“Tindakan tersebut tidak memberikan kontribusi untuk menciptakan suasana untuk menemukan solusi untuk masalah Siprus,” kata Juru Bicara Pemerintah Siprus Kyriakos Kousios. @fen

Baca Juga :  "Sihung" Maung Mulai Tajam, Tekuk Persita 3 - 1

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Pertandingan Piala Menpora Grup C: Persebaya Berjaya, PSS vs Persela Kacamata

Sen Mar 29 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Persebaya Surabaya terus membuktikan kelasnya di Piala Menpora 2021. Menghadapi Madura United di stadion Si Jalak Harupat, Minggu (28/3/2021) mereka menang 2-1. Persebaya langsung tancap gas sejak laga dimulai. Gol bahkan sudah mereka cetak saat laga baru berusia 11 menit. Memanfaatkan sepakan pojok, bek tengah Ady Setiawan […]