SEHAT: 4 Manfaat Wortel untuk Kesehatan Tubuh

Editor Ilustrasi wortel./shutterstock/via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Jika Anda menyukai makanan ringan yang renyah dan menyehatkan, wortel adalah pilihan yang tepat. Sayuran ini dikemas penuh dengan nutrisi seperti Vitamin A, Vitamin K, dan potasium. Berikut ini manfaat wortel yang perlu kamu tahu.

Wortel merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, wortel juga mengandung protein, natrium, rendah lemak, kaya akan Vitamin (A dan K), kalium, kalsium, magnesium, dan folat.

Wortel juga mengandung banyak senyawa tanaman, salah satunya karotenoid. Senyawa ini berguna untuk peningkatan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko berbagai penyakit.

Untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini manfaat wortel yang penting untuk diketahui melansir Suara.com dari laman Healthline, Senin (1/11/2021).

1. Mengurangi risiko kanker

Sebelumnya disebutkan bahwa wortel mengandung karotenoid. Kandungan ini dapat membantu melindungi terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker prostat, kanker usus besar, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker perut.

2. Menurunkan kolesterol dalam darah

Kolesterol darah yang tinggi menjadi faktor penyebab penyakit jantung. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi wortel. Sebab, wortel berguna dalam menurunkan kadar kolesterol.

3. Menurunkan berat badan

Sebagai makanan rendah kalori, wortel dapat memberikan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori. Oleh karena itu, wortel bisa menjadi menu makanan tambahan yang berguna untuk program diet atau penurunan berat badan yang efektif.

4. Menjaga kesehatan mata

Seseorang dengan kadar Vitamin A rendah lebih berpotensi mengalami rabun senja. Namun, kondisi tersebut dapat diobati dengan rajin mengonsumsi wortel atau makanan lainnya yang kaya karotenoid atau Vitamin A.

Perbedaan Wortel Organik dan Konvensional

Baca Juga :  Warga Negara Afrika Selatan dan Portugal Jadi Korban Kebakaran Lapas Tangerang

Studi membandingkan antara wortel organik dan wortel yang ditanam secara konvensional, keduanya tidak memiliki perbedaan dalam jumlah karotenoid atau kandungan dan kualitas antioksidan.

Namun, wortel yang ditanam secara konvensional mengandung residu pestisida. Efek kesehatan jangka panjang dari asupan pestisida tingkat rendah masih belum jelas. Tapi, beberapa ilmuan tidak merekomendasikan mengonsumsi makanan yang mengandung pestisida. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapolda Jatim Pertegas Reward dan Sanksi Tegas Bagi Anggota

Sel Nov 2 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, memberikan pernyataan tegas bagi anggota yang melakukan pelanggaran akan diproses secara disiplin, kode etik bahkan pidana, dan juga akan dilakukan pemecatan jika terlibat narkotika. “Akan juga diberikan penghargaan pada anggota yang berprestasi yang melaksanakan tugas wewenang dengan baik. […]