SEHAT: Olahraga yang Tepat Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Editor Ilustrasi intensitas olahraga./unsplash.com/gursimrat ganda/via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Selama ini, olahraga identik dengan manfaat kesehatan dan menurunkan berat badan. Tapi tak hanya itu, olahraga ternyata juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) mengatakan olahraga memiliki kaitan yang sangat erat terhadap peningkatan sistem imun jika memang dilakukan untuk tujuan kesehatan dengan intensitas yang tepat.

“Yang membedakan antara olahraga untuk kesehatan dengan olahraga untuk tujuan lain, misalnya membesarkan badan, adalah intensitasnya,” jelas dr. Michael, seperti dikutip Suara.com dari Antara.

Menurut dr. Michael, olahraga yang dilakukan dengan tujuan selain kesehatan memiliki intensitas yang berat dan akan membuat seseorang memaksakan dirinya untuk berlatih hingga merasa lelah, pegal, sakit, dan berkeringat sebanyak-banyaknya. Padahal, hal tersebut justru dapat menimbulkan masalah kesehatan.

“Contohnya, dengan berkeringat terlalu banyak, maka dia jadi dehidrasi. Itu kan tidak sehat, imunitas tubuhnya bisa turun, dia tidak bisa fokus, hilang keseimbangan,” kata dr. Michael.

Satu hal yang disayangkan dr. Michael, bahwa selama ini masyarakat Indonesia masih berpikir bahwa olahraga yang sehat adalah olahraga yang paling berat.

Anggapan ini diduga muncul karena maraknya iklan atau kampanye olahraga yang menampilkan atlet. Padahal, jelas bahwa olahraga yang dilakukan atlet bukan untuk tujuan kesehatan, melainkan kompetisi.

“Dengan demikian, banyak masyarakat yang menganggap bahwa olahraga harus seperti atlet yang sampai berkeringat, capek, sakit, padahal tidak harus seperti itu,” ujar dr. Michael.

Menurut dr. Michael, olahraga untuk tujuan kesehatan sejatinya dilakukan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Dan di musim hujan dan di tengah pandemi seperti saat ini, jenis olahraga apa pun sangat baik untuk dilakukan sebagai upaya meningkatkan imunitas.

Baca Juga :  AHY Minta Kemenkumham Tolak Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan

“Kalau kita mengacu ke kondisi cuaca yang sudah sering hujan dan keterbatasan akibat pandemi ini, tentunya asal mau bergerak saja sudah bagus. Olahraga apa pun yang dilakukan akan lebih baik daripada tidak bergerak sama sekali,” tutur dr. Michael.

“Kapan pun waktunya, mau pagi, siang, atau malam. Lagi musim panas gak masalah. Lagi musim hujan, cari tempat teduh. Indoor atau outdoor, selalu memungkinkan,” lanjutnya.

Lalu, jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan? Menurut dr. Michael, bisa olahraga apa saja, mulai aerobik seperti senam, jalan cepat, hingga jogging.
Sedangkan durasi ideal, menurut dr. Michael, adalah 150 menit per minggu dan dapat dikonversi menjadi 30 menit per hari selama lima hari.

“Kalau benar-benar tidak punya waktu, olahraga tiga hari seminggu. Tapi dalam tiga hari itu dia harus olahraga 50 menit setiap harinya,” pungkasnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Viral, Video Gala Anaknya Almarhumah Vanessa Panggil-panggil Mama

Sel Nov 16 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Kabar terbaru mengenai Gala Sky Andriansyah, kembali dibagikan Fuji, adik Bibi Ardiansyah. Kali ini bukan keceriaan dari bocah satu tahun itu, melainkan sebuah kepiluan. Dalam video tersebut, Fuji membagikan momen saat Gala Sky Andriansyah berada di mobil. Bocah yang akrab disapa Gala itu berceloteh memanggil […]