SEHAT: Punya Gejala Ini Sebaiknya Urungkan Niat Vaksinasi Covid-19

Editor Warga mengantre dengan berdesak-desakan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 tanpa menerapkan jaga jarak di Sentra Vaksinasi Gradhika, kompleks Pemprov Jateng, Rabu (9/6/2021)./jibi-solopos.com/imam yuda s/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Target sasaran vaksinasi Covid-19 mulai diperluas ke usia 18 tahun ke atas. Namun tak semua orang atau kelompok usia dapat menerima vaksinasi Covid-19.

Perlu diketahui, vaksinasi hanya akan diberikan kepada orang yang sehat. Artinya orang yang pada saat akan vaksinasi menderita penyakit misalnya demam lebih dari 37,5 derajat celcius biasanya akan ditunda terlebih dahulu vaksinasinya.

Selain itu kondisi kesehatan lain yang perlu diperhatikan calon penerima vaksin, seperti tekanan darah tinggi, riwayat alergi pada vaksin, penyakit penyerta (komorbid) seperti autoimun, penyakit jantung, dan riwayat kesehatan lain, misal pengobatan yang sedang dijalani.

Kemudian, perempuan yang sedang hamil juga baiknya juga menunda vaksinasi Covid-19 hingga sudah melahirkan.

Agar tidak ragu, berikut data lengkap kelompok masyarakat yang belum boleh menerima vaksinasi Covid-19 menurut keterangan Satgas Penanganan Covid-19 Selasa (15/6/2021), yaitu:

1. Sedang demam dengan suhu di atas 37,5 derajat celcius

2. Mengidap hipertensi tidak terkontrol dengan tekanan darah di atas 180/10 mmHg, dan tetap tinggi setelah mengulangi pemeriksaan sebanyak lima kali sampai 10 menit kemudian

3. Mengalami alergi berat setelah menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama, maka dosis kedua tidak bisa diberikan

Kemudian, pemberian vaksin bisa ditunda bagi daftar kelompok masyarakat berikut:

1. Sedang hamil, baiknya ditunda hingga setelah melahirkan

2. Mengidap autoimun seperti asma, lupus; ditunda jika kondisi sedang akut atau belum terkendali

3. Sedang mendapat pengobatan untuk gangguan pembekuan darah, defisiensi imun, dan penerima produk darah/transfuse

4. Sedang mendapat pengobatan immunosuppressant, seperti kortkosterol dan kemoterapi

5. Mengidap penyakit jantung berat dan dalam keadaan sesak

6. Lansia yang dalam pemeriksaan fisik menjawab “ya” lebih dari 3 pertanyaan sesuai format skrining.

Baca Juga :  Asep B Kunia :" Soal Tenaga Pensisik dan Honorer Harus Ditingkatkan"

Sampai dengan Selasa (15/6/2021), sudah 20,42 juta orang menerima vaksin dosis pertama dan 11,61 juta orang menerima dosis kedua. Jumlahnya penerima vaksin hari ini secara nasional bertambah 265.111 untuk dosis pertama dan 47.419 untuk dosis kedua.

Pemerintah juga telah membuka kesempatan bagi masyarakat umum di atas 18 tahun untuk mulai melakukan vaksinasi Covid-19. Presiden Joko Widodo juga berharap mulai akhir Juni dan Juli sudah bisa melakukan vaksinasi sampai 1 juta dosis per hari dengan ketersediaan pasokan vaksin yang makin meningkat. @fen/sumber: bisnis.com

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

KIPRAH: Alasan Aa Gym Gugat Cerai Teh Ninih, Pengacara: Sudah Tidak Ada Kecocokan

Rab Jun 16 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Rumah tangga Aa Gym dan Teh Ninih kembali menjadi sorotan publik. Apalagi setelah pendakwah kondang itu menggugat cerai lagi sang istri untuk yang ketiga kalinya. Terkait permasalahan yang terjadi antara Aa Gym dan Teh Ninih, keduanya memilih bungkam. Namun, pengacara Teh Ninih, Fajar Nugraha sedikit membocorkannya kepada publik. Hal itu diketahui dalam video yang diunggah di kanal YouTube Cumicumi, Selasa […]