Sembilan Teknik untuk Meningkatkan Efisiensi Bersepeda

Editor Ilustrasi. /cannyon.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BALEENDAH – Meskipun teknik mengayuh adalah area yang paling umum untuk difokuskan saat mencoba meningkatkan efisiensi bersepeda Anda, aspek lain dari teknik Anda seperti menggeser pada waktu yang tepat dan posisi Anda di atas sepeda juga dapat membuat perbedaan besar.

Baik Anda mencari kecepatan bebas di acara bersepeda berikutnya atau hanya ingin tetap bersama rekan latihan yang sedikit lebih cepat itu, gunakan 10 kiat teknik ini untuk menjadi pengendara sepeda yang lebih efisien.

1. Sesuaikan Sadel Sepeda Anda

Ketinggian sadel yang benar penting untuk efisiensi dan kenyamanan mengayuh, tetapi begitu juga sudut sadel Anda — yang sering diabaikan. Hidung sadel Anda harus rata atau sedikit mengarah ke atas agar Anda tidak meluncur terlalu jauh ke depan. Ini juga menopang tulang duduk Anda di bagian pelana yang benar dan mengurangi beban di area sensitif Anda. Memiliki sebagian besar berat badan Anda pada tulang duduk Anda juga mengurangi sebagian beban tangan Anda, mengurangi stres pada bahu dan leher. Penyesuaian kecil ini dapat membuat perbedaan besar dalam kenyamanan jarak jauh — dan semakin nyaman Anda, semakin efisien Anda.

2. Relaksasi Tangan, Siku dan Bahu

Ketegangan pada otot Anda akhirnya menyebabkan rasa sakit dan nyeri, dan ketika Anda merasa tidak enak di atas sepeda, Anda akhirnya akan melambat. Meskipun beberapa di antaranya dapat diperbaiki dengan menyesuaikan posisi Anda, mempelajari cara tetap longgar di atas sepeda juga dapat membantu. Merelaksasikan tangan, siku, dan bahu Anda dengan meringankan cengkeraman Anda pada setang meningkatkan pengendalian sepeda Anda dan mengurangi kemungkinan koreksi yang berlebihan.

Baca Juga :  Budi Bersyukur Pasien Positif Corona di Kota Tasikmalaya Tinggal 5 Orang

3. Cara Memindahkan Gigi yang Tepat

Pergeseran pada waktu yang tepat adalah keterampilan bersepeda yang membutuhkan waktu untuk dikuasai. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan pengendara sepeda baru adalah menunggu terlalu lama untuk pindah ke gigi yang lebih mudah saat mendekati tanjakan. Jika Anda menunggu sampai Anda berada di tanjakan untuk bergeser, rantai akan mengalami beban. Ini menyebabkan penggilingan yang tidak perlu dan dapat menyebabkan rantai Anda terlepas atau ketidakmampuan untuk bergeser. Untuk mempertahankan lebih banyak kecepatan dan momentum ke depan, pindahlah lebih awal sebelum jalan mulai menanjak.

4. Fokus pada Perjalanan dan Melatih Irama Gowes

Jika Anda ingin berkendara lebih jauh dan lebih cepat, Anda harus berkendara jauh dengan kecepatan lebih lambat. Meskipun ini tidak berarti Anda tidak boleh melakukan interval satu atau dua kali per minggu, Anda akan ingin menghindari berkendara di zona latihan tengah tersebut di sebagian besar waktu. Alih-alih, fokuslah pada perjalanan panjang dan lambat untuk meningkatkan daya tahan Anda sekaligus mencegah stres pada otot dan tendon Anda. Anda juga dapat menggunakan wahana yang lebih lambat ini untuk melatih irama Anda dan menghasilkan tenaga di titik-titik mati dari langkah pedal Anda.

5. Gunakan Posisi Tangan yang Berbeda

Kebanyakan pengendara sepeda menggunakan satu posisi tangan lebih dari yang lain. Meskipun ini boleh saja selama Anda merasa nyaman, sering-seringlah berpindah posisi tangan. Ini mencegah kekakuan di punggung dan leher Anda, dan membantu Anda menghasilkan lebih banyak kekuatan dalam situasi tertentu. Bar top harus digunakan saat mendaki untuk membuka paru-paru Anda dan duduk di atas pelana, tudung untuk berdiri dan bersepeda di jalan datar dan perbukitan, dan drop untuk berlari, menuruni dan situasi taktis ketika Anda ingin mencapai lebih banyak posisi aerodinamis.

Baca Juga :  H. Kusnadi : Melanggar Prokes, Satgas Covid-19 Harus Tindak Tegas Penyelenggara Konser di Subang

6. Nikmati Irama Bersepeda Anda

Sebuah irama bersepeda khas jatuh ke dalam kisaran 80-100 putaran per menit (rpm). Irama mana yang Anda gunakan bergantung pada apa yang terasa paling alami bagi Anda, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan apa yang paling efisien. Jika Anda mudah lelah pada tanjakan panjang atau tidak dapat mempertahankan kecepatan yang wajar pada perjalanan jauh, bereksperimen dengan irama yang berbeda dapat membantu meningkatkan efisiensi Anda. Jika Anda jatuh pada low end secara alami, coba putar irama yang lebih tinggi (sesuatu dalam kisaran 90-100 rpm) dan lihat apakah Anda dapat mempertahankan output daya yang lebih tinggi. Dengan sedikit latihan, perubahan pada akhirnya dapat membantu kinerja Anda.

7. Pertimbangkan Aerodinamika Anda

Karena bersepeda pada dasarnya adalah pertempuran melawan angin, meningkatkan aerodinamika Anda membuat Anda lebih efisien. Menghabiskan lebih banyak waktu untuk bersepeda, mengenakan pakaian bersepeda yang lebih ketat, dan menggunakan peralatan aerodinamis seperti helm dan wheelset adalah semua hal yang dapat Anda lakukan untuk memotong angin dengan lebih efektif.

8. Perhatikan Nutrisi dan Dehidrasi

Untuk perjalanan yang berlangsung lebih dari dua jam, Anda harus tetap memperhatikan nutrisi dan hidrasi Anda untuk mempertahankan tingkat energi Anda. Ini berarti minum setidaknya satu botol per jam dan energy bar atau gel setiap jam setelah jam pertama. Untuk cuaca panas atau perjalanan yang lebih lama, minuman elektrolit juga dapat digunakan. Ini juga merupakan praktik yang baik untuk makan makanan padat di awal perjalanan dan menghemat gel energi ketika intensitas meningkat saat mendaki atau selama bagian terakhir perjalanan karena lebih mudah dicerna dan kecil kemungkinannya menyebabkan gangguan GI.

Baca Juga :  Pemdes Berikan Bantuan Sembako Buat Korban Kebakaran

9. Berinvestasi pada Peralatan yang Lebih Aerodinamis

Memperbaiki posisi tubuh dan berinvestasi pada peralatan yang lebih aerodinamis pasti membantu Anda memotong angin dengan lebih efisien. Tetapi jika Anda ingin membawa hal-hal ke tingkat berikutnya, draf di belakang pengendara sepeda lain kapan pun Anda bisa. Dibutuhkan energi 30–40% lebih sedikit untuk mengayuh di belakang pengendara sepeda lain dibandingkan dengan melakukan solo atau mengendarai di depan kelompok.

Meskipun tidak disarankan untuk mengganggu rekan latihan Anda dengan tidak pernah mengambil giliran berkendara di depan, duduk di belakang orang lain membantu Anda melangkah lebih jauh dan lebih cepat daripada yang Anda bisa sendiri. Dalam perlombaan, duduklah dalam kelompok selama mungkin, meskipun kecepatannya sedikit lebih lambat dari yang Anda kira bisa Anda kendarai. Memilih untuk mempercepat di depan grup membutuhkan banyak energi untuk dipertahankan, dan Anda lebih cocok untuk menunggu hingga tahap selanjutnya ketika Anda yakin dapat mencapai garis finis dengan upaya solo.@mpa/blog.mapmyrun.com

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ratusan Siswa MIN 5 Indramayu Ikuti Vaksinasi Dosis Pertama

Ming Jan 9 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | INDRAMAYU – Untuk mencegah penyebaran covid -19 di lingkungan sekolah. ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Indramayu mengikuti vaksinasi Covid – 19 dosis pertama. Kegiatan vaksinasi ini berlangsung di sekolah setempat Sabtu (8/1/2022). Jika sebelumnya, vaksinasi hanya menyasar kepada masyarakat umum atau orang dewasa namun mulai […]