Sukses Tanpa Ekses

Editor Djamu Kertabudi, Akademisi./visi.news/ist.
Silahkan bagikan

Oleh Djamu Kertabudi

 

JUDUL ini merupakan sebuah slogan yang dicanangkan Bupati Bandung Kang DS dalam penyelenggaraan Pilkades Serentak 2021 Kab. Bandung. Tahapan krusial pemungutan suara telah digelar pada tanggal 20 Oktober 2021 yang lalu, diikuti 52 Desa, yang tiga desa diantaranya melalui Musyawarah Desa sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW), telah berjalan dengan lancar dan sukses. Adapun tahapan akhir berupa pelantikan Kepala Desa definitif akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2021 ini.

Dinamika politik selalu terjadi, terlebih dengan ratusan ribu warga masyarakat dari 52 Desa berbondong-bondong dalam waktu yang bersamaan menuju ketempat pemungutan suara melalui protokol kesehatan yang cukup ketat, sudah barang tentu memiliki resistensi dan resiko tinggi. Namun, atas kolaborasi unsur pemerintah daerah, aparat keamanan, dan masyarakat akhirnya secara keseluruhan Pilkades serentak berjalan sebagaimana mestinya. Ini sebuah prestasi dari kinerja “tim work” yang patut di apresiasi.

Disamping itu, hal ini sebuah angin segar sebagai wujud pengembangan kehidupan demokrasi masyarakat Kab. Bandung, yang telah teruji dalam menjalankan agenda politik selama tiga tahun berturut-turut, yaitu pemilu 2019, pilkada 2020, dan Pilkades 2021.

Meskipun ini bukan sebuah akhir, bahkan sebuah awal dari periodesasi pemerintahan selanjutnya, yang menyisakan tanggung jawab besar, yakni, sejauh mana ekspektasi masyarakat mampu dipenuhi oleh pemangku jabatan publik melalui integritas dan kinerjanya. Wallohua’lam. Wassalam.***

(Dr. Djamu Kertabudi, pemerhati masalah politik dan pemerintahan).

Baca Juga :  Kaji Ulang Perijinan Podomoro, Kalau Ada Pelanggaran Hentikan Pembangunannya

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Polsek Kewapante, Sikka, Ringkus Dua Pelaku Pencurian Uang dan Perhiasan Emas

Sab Okt 23 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | NTT – Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Kewapante meringkus 2 orang pelaku pencurian uang dan perhiasan emas dengan modus mencongkel jok sepeda motor, setelah menerima laporan dari korban Nurjana Wati, pada Rabu (20/10/2021). Kedua pelaku yang diketahui berinisial MN (35) dan NJ (30) tersebut, merupakan warga Desa Tanaduen, […]