TAUSIAH: Pilihlah Pemimpin yang Beriman kepada Allah dan RasulNya

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Islam telah memberikan pedoman bagi pemeluknya dalam memilih pemimpin. Yang paling pokok adalah seorang pemimpin itu haruslah beriman. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al Maidah ayat 55:

إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ

Artinya, “Sesungguhnya waliyy (pemimpin/penolong) kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang yang beriman, yang mendirikan salat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah).”

Guru Besar Ilmu Agama Islam Institut Pertanian Bogor yang juga Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. Didin Hafidhuddin menjelaskan bahwa ayat tersebut turun ketika Abdullah bin Salam yakni seorang mantan rabi Yahudi yang kemudian masuk Islam berkata pada Rasulullah bahwa kaumnya telah meninggalkan atau menjauhinya setelah ia memeluk Islam. Maka, turunlah ayat 5 surat Al Maidah itu.

Prof Didin mengartikan kata waliyukum sebagai pemimpin, penolong. Ia menjelaskan bahwa bagi orang Islam cukuplah Allah dan RasulNya menjadi pemimpin, penolong. Selain itu orang-orang yang beriman.

Dalam ayat ini, dijelaskan bahwa orang yang menjadi pemimpin umat Islam haruslah beriman, selain itu menunaikan salat, membayar zakat, dan berjemaah.  

“Jadi kepemimpinan di dalam islam itu berkaitan dengan akidah. Berkaitan dengan keimanan, bukan semata-mata politik dalam arti sempit apalagi politik untuk mencari kekuasaan. Dan orang yang beriman pun buka sekadar pengakuan. Harus ada buktinya. Dia adalah seorang pemimpin muslim yang membela Islam, yaitu kelihatan suka menegakkan salat, suka zakat, suka berjemaah,” kata Prof Didin dalam kajian virtualnya pada Selasa (30/3/2021) pagi yang juga disiarkan langsung di akun YouTube Kalam TV tentang tafsir surat Al Maidah ayat 55.

Baca Juga :  Belajar dari Umar bin Abdul Aziz 'Work from Home' di Tengah Pandemi

Karena itu, ia mengingatkan pada generasi mendatang dalam hal memilih pemimpin dalan konteks apa pun haruslah mencari pemimpin yang beriman kepada Allah dan Rasul Nya serta suka menunaikan salat dan berzakat.

Menurutnya hal tersebut sangat penting dan tidak bisa dianggap sepele untuk masa depan umat. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Liga Inggris: 10 Pemain Chelsea Dihajar West Brom 2-5

Ming Apr 4 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Chelsea yang harus bermain dengan 10 orang sejak babak pertama dipaksa bertekuk lutut 2-5 oleh West Bromwich Albion pada lanjutan Liga Inggris di Stamford Bridge, Sabtu (3/4/2021). Melansir CNN Idonesia, tampil di kandang sendiri, The Blues sempat unggul lebih dulu melalui sontekan Christian Pulisic usai memanfaatkan bola […]