TIPS: Aman Berkendara Motor Saat Musim Hujan

Editor Ilustrasi/digtraksi/via suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Musim hujan sudah tiba di sebagian wilayah di Indonesia. Tentunya pengendara motor harus berhati-hati saat berkendara di jalan.

Faktor jalanan yang licin, membuat pengendara motor harus meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara agar terhindar dari potensi berbahaya seperti tergelincir, menghantam lubang, dan berbagai potensi bahaya lain yang bisa mengancam keselamatan jiwa.

Berikut tips berkendara motor yang aman, simak ya!

1. Perhatikan Kondisi Tubuh

Sebelum melakukan perjalanan, jangan lupa cek kondisi tubuh terlebih dahulu ya. Cobalah untuk cek suhu tubuh secara berkala untuk memastikan tubuh dalam kondisi fit. Sebab, kondisi tubuh yang kurang fit akan memengaruhi fokus saat berkendara dan mengingat ini adalah musim hujan, tubuh rentan terkena penyakit.

So, jangan memaksakan diri untuk berkendara jika tubuh sedang dalam kondisi tidak fit.

2. Pastikan Lampu Sepeda Motor Menyala

Pastikan lampu sepeda motor berfungsi dengan baik. Fungsi lampu sepeda motor yang hidup saat musim hujan, bertujuan agar kita bisa melihat jalanan yang dilewati dengan jelas. Tak hanya lampu depan, pastikan lampu belakang juga hidup supaya pengendara lain bisa melihat kendaraan di depannya.

3. Cek Kondisi Ban

Jangan lupa untuk selalu cek kondisi ban sebelum berkendara. Pastikan tekanan udara pada ban dalam keadaan normal, tidak kempes. Selain itu, cek pula kondisi ketebalan ban. Jika beberapa bagian ban sudah gundul, ganti ban segera karena dapat mengakibatkan kendaraan tergelincir nantinya.

Pastikan juga rem motor berfungsi dengan baik.

4. Berkendara dengan Hati-Hati

Mengingat musim hujan jalanan menjadi licin, jangan mencoba berkendara dengan mengebut atau menyamakannya ketika jalanan normal karena itu bisa membahayakan keselamatan.

Risiko berkendara ketika hujan jauh lebih tinggi dibandingkan kondisi normal, jadi kita harus berhati-hati membawanya, terutama saat pengereman. Cobalah mengerem secara perlahan agar ban tidak selip serta buka tutup gas dengan smooth.

Baca Juga :  Bupati Bandung Resmikan Program SPAM di Kecamatan Kertasari

5. Gunakan Jas Hujan

Jas hujan menjadi perlengkapan berkendara yang sangat penting ketika musim hujan. Selain untuk melindungi tubuh dari hujan, jas hujan juga mampu mengurangi rasa dingin serta dapat menjaga barang bawaan seperti tas, laptop, dan barang bawaan lainnya agar tidak rusak karena air hujan.

Oh iya, jangan gunakan jas hujan model ponco ya, sebab berisiko tersangkut di roda. Gunakan jas model setelan supaya lebih aman.

Untuk kenyamanan alas kaki, cobalah menggunakan sepatu berbahan karet atau sepatu bots karena tidak mudah rusak dan tentunya tidak licin.

Selain itu, pakailah visor helm berwarna bening untuk memudahkan penglihatan saat berkendara, sebab air hujan bisa membuat visor helm berkabut sehingga mengganggu penglihatan. Tentunya akan sangat berbahaya jika menggunakan visor helm berwarna gelap, bukan?

Jadi, sudah siap berkendara di musim hujan? Jangan lupa untuk tetap jaga jarak aman agar terhindar dari tabrakan. Pastikan juga selalu mengonsumsi vitamin dan makan makanan sehat agar tubuh tetap fit! @fen/sumber: suara.com/digtraksi

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Diduga Kartel Narkoba, Polisi Meksiko Temukan 9 Mayat Digantung di Jembatan

Jum Nov 19 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MEKSIKO – Polisi Meksiko menemukan sembilan mayat tergantung di jembatan serta tujuh lainnya dalam kondisi luka parah dan dibuang di jalan. Melansir Suara.com dari BBC News, Jumat (19/11/2021), temuan mayat di kota Uruapan, negara bagian Michoacán barat tersebut diduga terkait dengan kartel narkoba. Sebuah spanduk yang tergantung […]